Translater

Senin, 18 Mei 2009

Asal-Usul Virus komputer

Virus yang pertama kali muncul di dunia ini bernama [Elk Cloner] lahir kira-kira tahun 1981 di TEXAS A&M. Menyebar melalui disket Apple II yang ada operating systemnya. Sang perusak ini mendisplay pesan di layar : “It will get on all your disks-It will infiltrate your chips–yes it is Cloner!-It will stick to you like glue-It will modify RAM too-send in the Cloner!” Hi……………….

Nama “Virus” itu sendiiri baru diberkan setelah 2 tahun kelahirannya oleh Len Adleman pada 3 November 1983 dalam sebuah seminar yang ngebahas cara membuat virus and memproteksi diri dari virus. Tapi orang-orangorang sering menganggap bahwa virus yang pertama kali muncul adalah virus [Brain] yang justru lahir tahun 1986. Wajar aja, soalnya virus ini yang paling menggemparkan dan paling meluas penyebarannya karean menjalar melalui disket DOS yang waktu itu lagi ngetrend. Lahirnya juga bersamaan dengan [PC-Write Trojan] dan [Vindent]

Mulai saat itu, `virus mulai menguasai dunia. Perkembangannya mengerikan dan sangar banget ! berselang satu tahun muncul virus pertama yang menginfeksi file. Biasanya yang diserang adalah file yang berekstensi *.exe Virus ini bernama [suriv] termasuk dalam golongan virus “jerussalem”. Kecepatan penyebarannya cukup ‘menggetarkan hati’ untuk saat itu. Tapi virus ini ngga’ terlalu jahat ko’ soalnya virus ini menghantam dan menghajar mainframe-nya IBM ngga’ lama-lama, cuma setahun (eh setahun itu lama apa sebentar ya…?)

Tahun 1988, muncul serangan BESAR terhadap Machintosh oleh virus [MacMag] dan [scores] dan jaringan Internet dihajar habis-habisan oleh virus buatan Robert Morris. Tahun 1989 ada orang iseng yang ngirim file “AIDS information program” dan celakanya, begitu file ini dibuka, yang didapat bukannya info tentang AIDS, tapi virus yang mengenskrypsi harddisk dan meminta bayaran untuk kode pembukanya (hehehe…….. ada-ada aja cara orang nyari duit)

Sejak saat itu, penyebaran virus udah ngga’ keitung lagi. Akan tetapi dampak yang ditimbulkan ngga’ terlalu besar. Baru tahun 1995 muncul serangan besar-besaran. Ngga’ tanggung-tanggung, mereka nyerang perusahaan-perusahaan besar diantaranya Griffith Air Force Base, Korean Atomic Research Institute, NASA, IBM dan masih banyak PERUSAHAAN RAKSASA lain yang dianiaya oleh “INETRNET LIBERATION FRONT” di hari ~Thanksgiving~. Karena keberanian dan kedahsyatan serangan itu, tahun 1995 dijuluki sebagai tahunnya para Hacker dan Cracker.

Para Cracker memang tidak pernah puas. Setiap muncul sistem operasi atau program baru, mereka sudah siap dengan virus barunya. Kamu yang sering ngetik dengan MS Word mungkin pernah nemuin virus Titassic. Ini virus local asli Indonesia lho… and uniknya, virus ini ngingetin kita buat sholat tepat pada waktunya (waduh, alim juga ya..) Tapi jangan salah, virus macro yang punya judul [concept]ini juga bisa berhati jahat, sangar and ganas banget. Soalnya si alim yang jahat ini bakalan ngemusnahin 80% file-file data and program korbannya.

Nah, seiring dengan perkembangan teknologi, muncul virus pertama yang mengkombinasi virus macro dan worm. Namanya cukup manis [Melissa]. Tapi ngga’ semanis namanya, virus ini bakalan menyebar ke orang lain lewat E-Mail and yang paling menyakitkan, ia bakalan nyebar ke semua alamat E-Mail yang ada di address book-mu. Dan saat ini muncul jutaan virus yang bergentayangan ngga’ karuan di alam Internet.

Kota dibawah tanah yang menakjubkan

Mengapa orang ingin hidup di bawah bawah bukanlah sesuatu yang mengejutkan, sejak jaman purba dulu manusia cenderung mencari tempat tinggal di wilayah yang hangat, aman dan nyaman misalnya sebuah gua.

Tapi bagaimana jika manusia yang sudah lebih modern juga suka membangun tempat tinggal di bawah tanah, ini yang sangat luar biasa.

1. Kota bahari Spanyol Setenil De Las Bodegas di Andalucia

Kota Setenil De Las Bodegas telah hidup selama berabad-abad.Kota ini juga tidak hancur yang kadang-kadang dialami oleh banyak permukiman kuno di bawah tanah

2. Cappadocians, Turki

Jika Anda ingin berbicara tentang sebuah kerajaan mistik yang kehidupannya sebagaian besar di bawah tanah maka Anda harus berbicara tentang Cappadocians.Kota yang ada disana jauh sebelum ada Turki ini diukir dengan sangat indah dan selaras dengan alam.Walau waktu telah banyak merusak pekerjaan mereka, tapi hari ini Anda masih dapat melihat petunjuk keahlian mereka dan ketrampilan mereka dalam seni arsitektur di kota-kota dan terowongan yang masih ada hingga saat ini.

3. Bunker – bunker Bawah Tanah Sisa dari Perang Dingin

Di era perang dingin dulu, banyak negara yang membangun bunker bawah tanah sebagai antisipasi jika perang nuklir benar – benar meletus. Bunker – bunker ini dilengkapi dengan berbagai infrastruktur yang mendukung kelangsungan hidup manusia selama bertahan di dalam sana

bunker nuklir di Burlington

bunker nuklir di Burlington

peralatan komunikasi ini dipasang di dalam di dalam bunker yang bisa digunakan untuk berkomunikasi antar negara selama pengungsi tinggal di dalam bunker ini

peralatan komunikasi ini dipasang di dalam di dalam bunker yang bisa digunakan untuk berkomunikasi antar negara selama pengungsi tinggal di dalam bunker ini

Terowongan “Abandon All Hope” , Tasmania

Terowongan “Abandon All Hope” , Tasmania

4. Wieliczka Salt Mine di Polandia

Membentang sepanjang 300 kilometer dengan kedalaman 327 meter, kota yang dulunya sebuah tambang ini tidak diukir dari bebatuan tetapi diukir dari endapan garam di bawah tanah. Sejak awal pembuatannya pada abad ke-13, ruangan ini masih digunakan hingga saat ini.

tambang ini juga memiliki sejarah yang kaya dan penuh keindahan, seperti disaksikan dalam lukisan ini

tambang ini juga memiliki sejarah yang kaya dan penuh keindahan, seperti disaksikan dalam lukisan ini

ruangan di bawah tanah ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang hidup, seperti : kafe, bioskop, kapel dan danau di bawah tanah

ruangan di bawah tanah ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang hidup, seperti : kafe, bioskop, kapel dan danau di bawah tanah

5. Limestone Quarries, di Maastricht, Belanda

Sebuah kapel bawah tanah yang sangat indah yang terletak di Maastricht, Belanda

Kota-Kota di Tepi Jurang

Ronda (Spain): divided by a 100-meter deep canyon

Ronda - Spain

Bonifacio (Corsica): 70 meters (230 ft) over the Mediterranean Sea

Bonifacio - Corsica

Castellfolit de la Roca (Spain): situated on a 50 meters (164 ft) high basalt crag Castellfolit de la Roca - Spain

Santorini (Greece): a 300 meter (984 ft) high paradise

Santorini - Greece

Manarola (Italy): Italy’s most precariously placed town

Manarola - Italy

Kereta Tercepat di Dunia (Maglev)

MagLev adalah singkatan dari Magnetically Levitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis. …


JR-Maglev MLX01, Yamanashi, Jepang

JR-Maglev. Kereta api tercepat dunia dengan kecepatan resmi, 581 km/jam (2003, Guiness World Record). Kereta api super cepat Jepang ini tidak berjalan pada relnya, tapi melayang, diatas relnya setinggi 10 cm.


Kereta Maglev sebenarnya tidak pernah menyentuh relnya pada saat berjalan. Sistem superconduktor-nya membuat kereta melayang diatas permukaan rel. Kereta buatan Siemens-Alstrom melayang 1cm (0,39 in) diatas rel. Kereta Jepang Shinkansen melayang 10 cm (3,9 in) diatas relnya. Shinkansen menggunakan rodanya hingga mencapai kecepatan 100 km/jam (62 mph) sebelum dia benar-benar melayang. Pada kecepatan tertentu, helium encer yang sangat dingin digunakan untuk meminimalkan kehilangan energi pada bidang maknit. Sedangkan jenis yang dibuat di Eropa menggunakan maknit biasa, tetapi membuatnya lebih cepat melayang.


Kereta ini telah menggunakan teknologi Magnetic Levitation (Maglev), jadi melayang diatas rel dengan magnet berkekuatan tinggi. Dengan tidak adanya gesekan dengan rel ini menyebabkan kecepatan setinggi itu bisa dicapai. Selain itu juga suara di dalamnya juga jadi sangat tenang. Kereta ini bisa menempuh jarak Jakarta – Surabaya paling lama 120 menit saja. (Itu aja pake istirahat ngopi dulu.. (hehe)

Jarak Jakarta Surabaya sekitar 800 km. Dengan kereta Argo ditempuh dalam waktu sekitar 15 jam dengan kecepatan maksimal 100 km/jam (plus berhenti). mantapp… mw coba?? hehe

Mukjizat Nabi Musa

Masih ingatkah teman-teman dengan kisah mukjizat Nabi Musa yang membelah laut merah dengan tongkatnya? Jika salah satu diantara teman-teman yang menganggap kisah tersebut hanya merupakan dongeng belaka, sekarang mari kita simak tulisan yang saya uraikan dibawah ini.

Seorang Arkeolog bernama Ron Wyatt pada ahir tahun 1988 silam mengklaim bahwa dirinya telah menemukan beberapa bangkai roda kereta tempur kuno didasar laut merah. Menurutnya, mungkin ini merupakan bangkai kereta tempur Pharaoh yang tenggelam dilautan tsb saat digunakan untuk mengejar Musa bersama para pengikutnya.

Menurut pengakuannya, selain menemukan beberapa bangkai roda kereta tempur berkuda, Wyatt bersama para krunya juga menemukan beberapa tulang manusia dan tulang kuda ditempat yang sama.

Temuan ini tentunya semakin memperkuat dugaan bahwa sisa2 tulang belulang itu merupakan bagian dari kerangka para bala tentara Pharaoh yang tenggelam di laut Merah. Apalagi dari hasil pengujian yang dilakukan di Stockhlom University terhadap beberapa sisa tulang belulang yang berhasil ditemukan,memang benar adanya bahwa struktur dan kandungan beberapa tulang telah berusia sekitar 3500 tahun silam, dimana menurut sejarah,kejadian pengejaran itu juga terjadi dalam kurun waktu yang sama.

poros roda dari salah satu kereta kuda

Selain itu, ada suatu benda menarik yang juga berhasil ditemukan, yaitu poros roda dari salah satu kereta kuda yang kini keseluruhannya telah tertutup oleh batu karang, sehingga untuk saat ini bentuk aslinya sangat sulit untuk dilihat secara jelas. Mungkin Allah sengaja melindungi benda ini untuk menunjukkan kepada kita semua bahwa mukjizat yang diturunkan kepada Nabi2-Nya merupakan suatu hal yang nyata dan bukan merupakan cerita karangan belaka. Diantara beberapa bangkai kereta tadi, ditemukan pula sebuah roda dengan 4 buah jeruji yang terbuat dari emas. Sepertinya, inilah sisa dari roda kereta kuda yang ditunggangi oleh Pharaoh sang raja.

Sekarang mari kita perhatikan gambar diatas, Pada bagian peta yang dilingkari (lingkaran merah), menurut para ahli kira-kira disitulah lokasi dimana Nabi Musa bersama para kaumnya menyebrangi laut Merah. Lokasi penyeberangan diperkirakan berada di Teluk Aqaba di Nuweiba. Kedalaman maksimum perairan di sekitar lokasi penyeberangan adalah 800 meter di sisi ke arah Mesir dan 900 meter di sisi ke arah Arab. Sementara itu di sisi utara dan selatan lintasan penyeberangan (garis merah) kedalamannya mencapai 1500 meter. Kemiringan laut dari Nuweiba ke arah Teluk Aqaba sekitar 1/14 atau 4 derajat, sementara itu dari Teluk Nuweiba ke arah daratan Arab sekitar 1/10 atau 6 derajat

Diperkirakan jarak antara Nuweiba ke Arab sekitar 1800 meter.Lebar lintasan Laut Merah yang terbelah diperkirakan 900 meter. Dapatkah kita membayangkan berapa gaya yang diperlukan untuk dapat membelah air laut hingga memiliki lebar lintasan 900 meter dengan jarak 1800 meter pada kedalaman perairan yang rata2 mencapai ratusan meter untuk waktu yang cukup lama, mengingat pengikut Nabi Musa yang menurut sejarah berjumlah ribuan? (menurut tulisan lain diperkirakan jaraknya mencapai 7 km, dengan jumlah pengikut Nabi Musa sekitar 600.000 orang dan waktu yang ditempuh untuk menyeberang sekitar 4 jam).

Menurut sebuah perhitungan, diperkirakan diperlukan tekanan (gaya per satuan luas) sebesar 2.800.000 Newton/m2 atau setara dengan tekanan yang kita terima Jika menyelam di laut hingga kedalaman 280 meter. Jika kita kaitkan dengan kecepatan angin,menurut beberapa perhitungan, setidaknya diperlukan hembusan angin dengan kecepatan konstan 30 meter/detik (108 km/jam) sepanjang malam untuk dapat membelah dan mempertahankan belahan air laut tersebut dalam jangka waktu 4 jam!!! sungguh luar biasa, Allah Maha Besar.

Sabtu, 16 Mei 2009

Cerita Nyata dari Negeri Sakura



Ketika sedang merenovasi sebuah rumah, seseorang mencoba merubuhkan tembok. Rumah di Jepang biasanya memiliki ruang kosong diantara tembok yang terbuat dari kayu. Ketika tembok mulai rubuh, dia menemukan seekor kadal yang terperangkap diantara ruang kosong karena kakinya melekat pada sebuah paku.

Dia merasa kasihan sekaligus penasaran, lalu ketika dia mengecek paku itu, ternyata paku tersebut telah ada disitu 10 tahun lalu ketika rumah itu pertama kali dibangun. Apa yang terjadi? Bagaimana kadal itu dapat bertahan dalam kondisi terperangkap selama 10 tahun?

Dalam keadaan gelap selama 10 tahun, tanpa bergerak sedikitpun, itu adalah sesuatu yang mustahil dan tidak masuk akal. Orang itu lalu berpikir bagaimana kadal itu dapat bertahan hidup selama 10 tahun tanpa berpindah dari tempatnya sejak kakinya melekat pada paku itu...


Orang itu lalu menghentikan pekerjaannya dan memperhatikan kadal itu, apa yang dilakukannya dan apa yang dimakannya sehingga ia dapat bertahan hidup selama 10 tahun dalam kondisi seperti itu. Kemudian, tidak tahu dari mana datangnya, seekor kadal lain muncul dengan membawa makanan di mulutnya.

Orang itu merasa terharu melihat hal itu. Ternyata ada seekor kadal lain yang selalu memperhatikan kadal yang terperangkap itu selama 10 tahun. Oh sungguh sebuah cinta... cinta yang indah. Cinta dapat terjadi bahkan pada hewan yang kecil seperti dua ekor kadal itu. Apa yang dapat dilakukan oleh cinta? Tentu saja sebuah keajaiban....

Bayangkan kadal itu tidak pernah menyerah dan tidak pernah berhenti memperhatikan pasangannya selama 10 tahun.., bayangkan bagaimana hewan sekecil itu dapat memiliki karunia yang begitu mengagumkan. Kenapa kita sebagai manusia yang dilengkapi dengan kesempurnaan akal dan pikiran tidak dapat berbuat lebih baik dari apa yang telah dilakukan seekor kadal.

Kadal aja bisa setia..., kenapa manusia tidak? So... mulai saat ini jangan pernah mengabaikan orang yang kita kasihi..., dan yang paling penting minimal selalu menjaga Silaturahim

Bagikan cerita ini kepada semua orang yang telah menyentuh hidup kita dan membuat kita tumbuh, mengerti dan memahami lebih dalam lagi tentang hidup...

Kamis, 07 Mei 2009

Mendekati akhir masa jabatan, Semua Komisi Ramai-Ramai Stuba

Bulan ini seluruh (empat) komisi yang ada di DPRD Bojonegoro akan melakukan studi banding (stuba). Bahkan, kemarin (6/5) dua komisi sudah memulai melakukan stuba ke berbagai wilayah.

Komisi A kemarin sudah berada di Bandung untuk stuba tentang pemerintahan secara umum. "Terutama tentang pelimpahan wewenang di struktur pemkab,'' kata Sekretaris Komisi A DPRD Sukur Priyanto. Di Bandung, lanjut dia, komisi A akan stuba selama tiga hari.

Sementara komisi D, stuba di Malang hari ini. "Kami stuba terkait rencana tata ruang wilayah (RTRW)dan tata ruang kota,'' kata Ketua Komisi D Ali Huda. Menurut dia, dipilihnya Kota Malang karena di Indonesia hanya ada dua kabupaten yang punya perda RTRW, salah satunya Malang.

Sedangkan komisi B, pada pertengahan bulan ini akan stuba di Jember dan Bogor, Jawa Barat. Mereka akan belajar mengenai kehutanan di dua kabupaten yang berbeda provinsi tersebut. Serta, komisi C akan stuba mengenai pendidikan di kantor Departemen Agama Jakarta dan Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Bojonegoro Madirin mengatakan, sesuai aturan yang ada, stuba di luar provinsi biayanya sekitar Rp 52 juta. Sementara untuk dalam provinsi Rp 23 juta. "Itu sudah termasuk uang saku dan biaya transpor dan penginapan," ujarnya. (ade)