Translater

Senin, 20 April 2009

DAIHATSU ZEBRA 1987















Mobil ini rencananya untuk usaha antar jemput anak sekolah adhikku di malang. Harga tergolong murah, ruangan dalam luas dan lega, bersih. Mobil ini sebenarnya punya julukan mobil padang pasir karena spesialis daerah kering. Kata orang sering bermasalah saat musim hujan. Kalo menurutku sebenarnya tidak seperti itu. Kalau perawatan rutin bagus, koil pengapian dipindahkan tempatnya ke tempat yang lebih aman dari percikan air terutama saat mobil melintas dijalan yang berlubang dan ada airnya, pasti masalah-masalah tersebut bisa diatasi. Intinya jika punya mobil ini memang harus siap dengan perawatan yang lebih ekstra, sayang dan juweh dengan kondisi mesin, sering dicek oli, air radiator, minyak rem, Insya Allah anda jarang mengalami masalah-masalah pada mobil ini. Sebenarnya mobil ini bandel banget dan irit, dengan catatan kita harus benar-benar bisa mendalami karakter mobil zebra ini. Nah bagi anda yang punya mobil jenis ini harus dirawat dengan baik, disayang, jangan hanya dipancal saja gasnya, dikontrol dan didalami karakteristiknya, karena masing-masing jenis dan merk mobil punya ciri dan karakteristik sendiri-sendiri.

Zebra punya kelebihan dari pada Carry tapi juga punya kelemahan daripada carry, jadi tergantung cara kita dalam merawat zebra tersebut, mobil ini juga berbeda perawatan dibandingkan dengan jenis mobil agak tua umurnya semacam TOYOTA Kijang Tahun 1980an. Berbeda pula dengan jenis sedan, dan lain-lain. Yang pasti selama kita punya mobil jenis apa saja, saya sarankan untuk mengakrabi dan mengetahui ciri dan karakteristik perawatannya sehingga mobil jenis apapun akan selalu familier dengan kita dan keluarga baik itu digunakan untuk usaha maupun digunakan secara pribadi.
Oke untuk adhikku di Malang. Ini mobil bagus, tapi harus benar-benar bisa merawat karena mobil seharga mobil ini, pasti lebih butuh perawatan ekstra dibandingkan dengan mobil baru semacam panther, carry atau mobil tahun 2000an. Cobalah untuk bisa mengetahui cara dasar dalam merawat mobil ini sehingga tidak akan mengalami kendala-kendala berarti saat mobil jenis ini telah bersama kalian. Bismillahi Tawakkaltu Alallah. La HaulaWa La Quwwata Illa Billahil 'Aliyyil 'Adzim.

11 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah aku tertarik banget dengan penjelasan anda. kalau bisa aku minta emailnya dong biar makin intens komunikasinya. karena aku pemula dalam merawat mobil jenis ini. baru 1 bulan yang lalu aku beli dan kondisinya tidak terlalu mulus.

Si Zebra mengatakan...

Saya tulis ulang artikel ini di daihatsuzebra.blogspot.com kategori: koleksi pribadi.
Terima kasih.

Anonim mengatakan...

bos, bisa tolong kirim spec lengkap zebra ga?

**** Kali Lima **** mengatakan...

Bang, saya tertarik mau beli mobil zebra tahun 87. saya pengen tahu, kalu sparepartnya masih banyak gak ya om. maklum masih newbie dalam hal permobilan.

samsul mengatakan...

gmn cara mengatasi masalah zebra yg katanya takut air?

oik mengatakan...

ini mobil yg bersejarah bagi kami sekeluarga, selama puluhan tahun dia telah menemani kami dalam memasarkan tas rajut buatan ibu saya ke luar jogja, alhamdulillah masih sehat sampai sekarang.

Anonim mengatakan...

biar anti air delco nya bisa di bungkus pake ban dalam bekas.

last samurai77 mengatakan...

Untuk ukuran tahun 87 trmsk masih bagus mobilnya

Bismillah mengatakan...

Irit apa tdk mas zebra thn 87?

Unknown mengatakan...

Kira2 beli mobil mending carry 89 atau zebra tahun 90?trimakasih

marina artiyasa mengatakan...

saya juga baru beli mobil ini ...dalam keadaan yang agak rusak ..body berkarat dll pajak mati 2 th..anak saya rajin benerin dikit dikit walau kadang mati-mati di jalan ..masih belum mendalami ....ada asap dikit..belinya cuma 6 juta tp pajak mati 2 th....hehehe...insya allah dirawat jadi bagus lagi